Format Penelitian Tindakan Kelas

Posted: 22/01/2009 in My Folder

[CONTOH COVER]

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

[JUDUL PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS]

oleh:
……………………..
[tuliskan semua anggota tim jika ada, secara
lengkap nama dan gelarnya]

[Nama SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA/SMK]
2009

HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1. a. Judul Penelitian:
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
b. Bidang Ilmu : ……………………………………….
c. Kategori Penelitian : ……………………………………….
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………………….
b. Jenis Kelamin : ……………………………………….
c. Golongan Pangkat/NIP : ……………………………………….
d. Jabatan Fungsional : ……………………………………….
3. Jumlah Anggota Peneliti : ………………………………… orang
a. Nama Anggota Peneliti I : ……………………………………….. b. Nama Anggota Peneliti II : ………………………………………..
4. Lokasi Penelitian : ……………………………………….
5. Kerjasama dengan intitusi lain (bila ada)
a. Nama institusi : ……………………………………….
b. Alamat : ……………………………………….
c. Telepon/Faksimili/e-mail : ……………………………………….
6. Lama Penelitian : ………………………………… bulan

……………, ……………. 2008

Mengetahui: Ketua Peneliti,
Kepala Sekolah ………………

[Cap & tandatangan] [tandatangan]

(___________________) (__________________)
NIP NIP

FORMAT LAPORAN AKHIR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
[Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata]

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan Latar Belakang Masalah
Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Tindakkan Yang Dipilih
Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK ?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan
Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Lingkup Penelitian
Sebutkan lingkup atau batas-batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Signifikansi Hasil Peneltian
Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Setting Penelitian
Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian
1. Gambaran Umum Peneltian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
2. Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tindakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat-alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.

(butir a s/d d sebaiknya dideskripsikan untuk setiap siklus. Perhatikan cara mendeskripsikan amatan yang dilakukan dengan menghidari pendapat pribadi atau dengan kata lain deskripsi bebas dari dugaan peneliti)

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan

BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B. Saran-saran
Ajukan saran-saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut di masa mendatang.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampirkan (a) model program/materi pembelajaran berbasis TIK / multimedia yang sekaligus memperlihatkan skenario tindakan, (b) instrumen penelitian, (c) data pendukung (contoh: hasil rekap tabulasi data, foto, dan lainnya), dan (d) lain-lain, seperti Curiculum Vitae Tim Peneliti, Surat Keterangan Kerjasama dengan Institusi Lain (apabila ada), dan lainnya.

Catatan:
1. Jumlah laporan penelitian tindakan kelas maksimal 12 halaman + cover dan daftar isi.
2. Gunakan font tipe Times New Roman, dengan ukuran 12 dan spasi 1,5.
3. Laporan dibuat sesingkat, sepadat dan sejelas mungkin yang dapat menggambarkan hasil penelitian tindakan.

ASPEK PENILAIAN

a. Implementasi materi pembelajaran berbasis multimedia (teknologi informasi dan komunikasi) secara nyata di kelas
b. Kadar manfaat materi untuk peningkatan hasil belajar siswa dapat diungkapkan dengan jelas dan terukur
c. Kreatifitas, orisinalitas, serta akan lebih baik jika mampu bersifat edutaintment (education – entertaintment)
d. Kesesuaian dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
e. Kemampuan penyampaian / presentasi proposal dan/atau materi pembelajaran yang fokus pada sasaran dan mudah dipahami

Bisa didownload di  taut AYO BELAJAR

TANYA JAWAB TENTANG KTI BISA DILIHAT DI SINI

About these ads
Komentar
  1. BADROENI mengatakan:

    tolong kirim file PTK B.INGGRIS SMA KELAS 11 DAN SMP KELAS 8

  2. farid mengatakan:

    bantu saya buat ptka! baagaimana bisa kirim ke e-mail saya

    • Emha Irsani mengatakan:

      Membuat PTK tidak seperti membuat puisi Bu. Minat dan bidang studi Ibu menjadi pertimbangan utama. Bagaimana saya tahu minat dan keahlian Ibu? Saran saya, lebih baik ibu mencoba, sejelek apapun hasilnya dia akan berwujud, dan dari situ kita akan mengerti yang mana tidak baiknya. Oke Bu, selamat mencoba.

  3. Abdurrahman mengatakan:

    setuju dg saran bang Irsani… seburuk buruk PTK kita pasti ada manfaatnya, sebab walaupun tujuan awal kita “tukang kredit” (yg gila ingin ke IV b) tp masih banyak manfaat dibalik PTK yg kita lakukan. Smoga kita bisa sama2 mencoba!…

  4. suwito mengatakan:

    belajar bisa dengan meniru, niteni (melihat dengan teliti contoh yang ada), dan membuat sendiria.
    agar dapat membuat sendiri maka perlu contoh yang tepat, untuk itu tolong kami dikirimi contoh PTK B. Inggris lengkap untuk SMP kelas 8. Thanks

    • Emha Irsani mengatakan:

      Insya Allah pak, bila penelitian saya yang ini diterima, maka bapak akan saya kirimi. Hanya perlu bapak mengerti, peneltian ini memakan waktu paling cepat 5 bulan, karena penelitian ini bukan tujuan, tetapi alat. Jadi melakukannya tidak dg tergesa2, namun senantiasa ada. (maklum sih, job banyak branches, ha ha ha …)

  5. iis umihany mengatakan:

    PTK itu gampang2 susah, terutama kita harus mmbuat anak2 senyaman mngkn d kelas, dan bagaimana qt hrs memanage kelas tersebut. apa lgi untuk orng yg blm ahli spt saya,.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s