Cerpen: Pulang Kampung

Posted: 24/03/2009 in My Folder

By : Fachruddin Mangun Jaya

kumaiSudah tujuh tahun aku tidak pulang, Aku rindu kampung halaman, mencium lagi semerbaknya bunga hutan, melihat rimbunnya semak di belakang rumah, ramainya kicau burung liar setiap bangun pagi, semuanya membangkitkan ingatanku kembali. Di belakang rumah panggung yang menjadi cirri khas rumah Kalimantan ada anak sungai yang mengalir deras dan dingin. Warna air kali kecil ini berwarna oranye kecoklatan seperti air teh. Hal ini terjadi karena pengaruh endapan serasah dan akar kayu-kayu hutan tropis di sebellah hulu sana.

Ketika musim hujan tiba, anak sungai ini meluap deras. Bersama teman-teman lain aku bersenang-senang menikmati alam: terjun bebas dari tebing pasir terjal menyebur ke sungai yang dalam. Lalu dengan sepotong papan, kami menghanyutkan diri, menggiring arus yang deras kearah hilir sungai. Hiruk pikuk bersama lima atau enam rombongan anak-anak membiarkan arus membawa kami beriringan (konvoi) sehingga berkilo-kilo jaraknya. Kami mandi mengobok-obok air.

selengkapnya…..

Cerpen ini sebenarnya  sebuah ungkapan faktual  kehidupan masa kecil anak-anak  kalimantan (tempat dimana aku kecil dan dibesarkan), dan benar-benar mengembalikan aku ke masa kecilku. Selamat dan terima kasih sahabatku bung Fachruddin

Komentar
  1. makmur mengatakan:

    seleketep.
    bercandanya jelek

    • Emha Irsani mengatakan:

      Sahabat saya pengarang cerpen ini adalah seorang biologist, aktivis pencita alam, sampai skarang aktif dalam berbagai forum nasional dan international. trimakasih atas kritik vulgarnya, insya Allah akan saya sampaikan.

  2. desi mengatakan:

    baguus ..

  3. Ndan mengatakan:

    biasa sajah….

  4. izza mengatakan:

    bagus juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s