”Mengapa Malaysia jahat, Pa?”

Posted: 31/08/2009 in My Folder
Tag:, ,

esa anas oke

Dalam beberapa kesempatan “nonton bareng” acara TV dengan anak-anak, maka bisa dipastikan akan terjadi perdebatan dan perebutan remote control, dan ”kesepakatan damai akhir”, saya harus mengalah mengikuti acara sinetron yang memang digemari anak-anak.

Namun untuk satu kali ini anak-anak harus menyerah mengikuti selera bapaknya browsing berita di televisi-televisi berita. Kebetulan pada saat itu sedang hangat-hangatnya pemberitaan tentang Malaysia dan perburuan Nordin M. Top cs. Saya tidak mungkin lagi memfilter tayangan penyiksaan TKW, penciplakan lagu dan seni budaya Indonesia oleh Malaysia, peristiwa tragis meledaknya bom di hotel JW Meriot dan Rich Carlton, ulasan tokoh-tokoh dibalik pemboman dan lain-lain..

Saya sungguh tidak bisa menikmati secara utuh tayangan ini, karena harus menjadi penterjemah pertanyaan-pertanyaan anak-anak saya. Pertanyaan ini kedengaran sederhana tapi cukup bikin pusing mencari jawaban yang tepat.

”Mengapa Malaysia jahat, Pa?”

”Malaysia itu dimana, Pa?”

”Kasihan orang-orang itu Pa, kenapa polisi tidak menangkap Malaysia?”

”Malaysia itu suka menciplak ya Pa?”

”Mengapa teroris bunuh orang Pa?”

”Mengapa kyai jadi teroris Pa?”

(pertanyaan yang ini harus langsung saya respon: ”Mereka bukan kyai, pakaiannya saja seperti kyai. Seperti kebanyakan maling atau koruptor, mereka jahat tapi pakaian mereka seperti pejabat yang bersih)

Dari sekian banyak respon anak-anak ini, satu pernyataan yang saya kira membuat bulu kuduk saya berdiri :

”Pa, kalau sudah besar, saya ingin menjadi polisi. Saya ingin gebukin Malaysia dan teroris yang jahat itu.”

Hayoo…Malaysia dan terorist, bantu saya menjawab pertanyaan-pertanyaan anak-anak saya yang polos dan serba ingin tahu ini.

Komentar
  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  2. jasmine mengatakan:

    keren nih blog nya om….izin blogwalking yah

Tinggalkan Balasan

