ASAP, PUASA DAN ULTAHKU

Posted: 13/09/2009 in My Folder
Tag:, ,

Kabut asap tebal, jika tidak melihat jam kita tidak tahu pagi, siang, sore

Kabut asap tebal, jika tidak melihat jam kita tidak tahu pagi, siang, sore

Bagi anda yang di posisi tidak pernah merasakan kepungan asap berhari-hari bahkan berbulan-bulan, mungkin tidak bisa membayangkan bagaiman sengsaranya orang-orang diselimuti asap dalam jangka waktu lama. Di kamar madni asap, di kamar tidur asap, di tempat kerja asap (kecuali ruangan ber AC), di jalan raya atau di ruang terbuka apalagi. Bukan tidak merasa terganggu, bila masih ada tawa canda atau riuh pikuk suara pedagang dan pembeli beradu harga di pasar umum; lubang hidung dan paru-paru mereka dipastikan terasa sengak. Mereka itu (dan alhamdulillah, saya sendiri) mungkin masih beruntung masih mampu bertahan sehat, namun tengok saja Puskesmas dan rumah sakit hamper setiap hari dipenuhi mereka yang kurang beruntung dengan kekebalan tubuhnya.

Dahsyatnya lagi, bencana ini justru datang bertepatan dengan bulan Ramadhan. Logikanya, dalam kondisi cuaca yang buruk mestinya kita memperkuat system pertahan tubuh dengan makan makanan yang cukup (3 X sehari) dan gizi yang memadai, namun ini sebaliknya BERPUASA!!! Burpuasa itu tidak makan minum kecuali menjaga hati dan panca indra dari hal-hal buruk dan tidak terpuji.

Tetapi mengapa jemaah masjid di lingkungan saya tidak terdengar yang jatuh sakit, siswa dan guru-guru masih bisa belajar seperti biasa (sebelum akhirnya diliburkan lebih awal oleh walikota), tetangga penjual hidangan berbuka puasa tetap tegar berpuasa, dan bahkan anak-anak saya yang masih duduk di bangku SD dan SMP tetap ceria dan segar dengan puasanya.

Berbahayakah asap pembakaran hutan? Tentu, secara ilmiah dan logika yang sederhana pun, asapyang bercampur debu sangat berbahaya. Tetapi mengapa banyak diantara mereka yang sungguh menjalankan puasa terlihat aman-aman saja. Wallahu’alam.

Namun rupanya, hembusan asap bercampur debu telah benar-benar menyerang daya ingat ana-anak dan istriku, serta sahabat-sahabatku, karena ULTAHKU yang hanya beda satu hari dengan SBY 08-09-09 sama sekali terlupakan. Justru mereka terkagum-kagum dengan ultahnya SBY yang 09-09-09.

Busyeettt…..!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s