Kualitas atau Peforma?

Posted: 27/09/2009 in My Folder
Tag:, , ,

Apel UAN 2009Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo di Jakarta, Kamis (24/9) mengatakan saat ini, pendidikan nasional sangat tidak tepat sasaran, yang mengakibatkan berbagai persoalan bangsa dan masyarakat tidak kunjung teratasi dan bahkan menimbulkan berbagai ironi. Gejala umum kondisi tidak tepat sasaran itu tampak dari kapabilitas lulusan yang tidak sesuai dengan kualifikasi dalam konteks perekonomian, juga ketidaksiapan mental. Selain itu, nalar, etos kerja, keterampilan, jiwa wirausaha, dan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk mengatasi keberlangsungan sebuah negara modern yang beradab juga amat lemah. (Kompas.com)

Apa yang dikatakan Bapak Sulistiyo adalah fakta. Menurut penglihatan saya sebagai ujung tombak pendidikan, akar masalahnya adalah tidak meratanya kemampuan tenaga kependidikan (birokrat maupun fungsional) disetiap daerah. Saya bisa menyebutkan sebuah contoh (nama dan tempat sekolah saya sembunyikan), ada sebuah lembaga pendidikan milik pemerintah yang dananya melimpah ruah, sibuk dan dikenal dengan berbagai kegiatan ekstra, namun disisin lain minim kualitas. Hampir tidak ada prestasi akademis yang menandakan tingkat gengsi sekolah ini dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain, di tingkat regional apalagi nasional, kecuali mereka memiliki fasilatas seni dan olah raga yang lengkap dan moderen.

Yang cukup ”mempritahinkan”, kepala sekolah tipe ini ternyata mebanggakan para birokratnya. Sejumlah promosi sudah dan telah disiapkan bagi sang kepala ini. Salahkah birokrat tadi? Tidak. Karena mereka cukup bangga dengan berbagai atribut juara basket, sepak takraw, band sekolah, drumband dengan berbagai seragam mahalnya dan lain-lain. Salahkah sang kepala sekolah? Tidak, karena dia dipilih dan telah berbuat sesuai dengan ”potensi”nya. Lalu siapa yang salah…..????!!!!

Atau yang salah mungkin saya sendiri, karena terlalu berharap banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s