Membuat Karya Tulis Ilmiah

Posted: 20/11/2009 in My Folder
Tag:, ,

Di top page sengaja aku tulis “Catatan Harian: Membuat PTK/KTI” karena insya Allah dalam waktu dekat aku ingin membuat sebuah karya tulis ilmiah, mungkin berupa Penelitian Tindakan Kelas atau karya tulis ilmiah biasa. Dalam catatan harian itu akan aku tulis langkah demi langkah upaya penulisan, dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data hingga penyajian, dan tentu kendala-kendalanya. Buat apa? Pamer? Pertanyaan yang bagus dan masuk akal.

Bagi sebagian kecil orang, membuat karya tulis ilmiah mungkin biasa-biasa saja, tapi bagi aku ini bukan hal biasa. Untuk itu yang pertama aku lakukan adalah memantapkan motivasi dan tujuan penulisan, karena dua hal inilah mesin ide dan push power yang mampu menyingkirkan kendala-kendala dan mematikan rasa malas. Hal lain yang lebih praktis, mengawali membuat karya tulis adalah dengan melihat langsung proses pembuatan dan sekaligus bertanya dan diskusi pada saat pembuatan. Metode inilah sebetulnya bisa lekas difahami dari pada teori ke teori, namun siapa pula yang mau jadi volunteer pekerjaan yang tidak gampang ini? (silahkan jawab sendiri)

Kembali ke persoalan, sebaiknya seperti apa motivasi dan tujuan itu? Jawabannya relatif. Yang pasti, hal apapun yang mampu mendorong hati ini bulat dan kuat. Kalau aku sih, motivasinya sederhana saja, jika orang bisa mengapa aku tidak bisa. Tujuannya? Jujur saja, prestise dan insya Allah prestasi.

Itu saja…?!

Ayo kita buktikan…!

Tinggalkan Balasan

