Program Studi Tidak Terakreditasi Segera Ditutup

Posted: 24/12/2009 in My Folder

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan segera menutup program studi yang tidak terakreditasi. Mahasiswa dan dosen pada program studi yang ditutup akan disalurkan ke program studi yang lain.

Penutupan tersebut, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal, akan segera dilaksanakan. Pada periode 2012-2013, seluruh program studi yang tidak terakreditasi sudah harus ditutup.

“Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 19, tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan,” katanya usai menghadiri Seminar Kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kamis (24/12/2009).

Sejak dikeluarkannya PP tersebut, Fasli mengatakan, pemerintah sudah memberikan tenggang waktu sampai tujuh tahun bagi setiap perguruan tinggi untuk berusaha mendapatkan akreditasi pada setiap program studi. Hingga akhir 2009 ini, ternyata baru separuh dari 15.000 program studi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi.

Baca Selanjutnya di Kompas

Komentarku :

Berita semacam ini sudah biasa sejak aku dulu pernah honor di PTS yang konon katanya bakal ditutup, namun tidak pernah terwujud, kecuali setelah mahasiswa dan alumninya  “bermasalah” ketika memasuki dunia kerja, khususnya ketika menjadi PNS. Akhirnya yang dirugikan masyarakat. Ijazah mereka tertolak, dan bahkan beberapa yang sudah menjadi PNS terpaksa diberhentikan.

Kenapa ini terus berlanjut? Padahal ini bukan makhluk ghaib. Jawabnya? Kita tunggu saja, apakah ini masih lips service?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s